Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Dalam Bebagai Situasi


Setiap orang pasti pernah mengalami apa itu gugup atau grogi baik itu sedang berbicara dengan orang lain, ataupun sedang menghadiri suatu acara yang penting.

Memiliki rasa gugup atau grogi memang tidak ada salahnya karena ketika tampil dihadapan seseorang pasti harus dituntut memberikan yang terbaik dihadapan mereka dan tidak semua orang memiliki kepercayaan diri yang tinggi ketika berhadapan dengan orang lain sehingga timbulah rasa gugup tersebut.

Semua masalah pasti ada solusinya, salah satunya gugup ini. Berbagai cara bisa dilakukan guna mengurangi rasa gugup yang sering kali melanda seseorang. Apa saja itu?


Cara menghilangkan rasa gugup

1. Latih pernafasan

Orang yang gugup pasti akan mengalami pernafasan yang tidak teratur dan akhirnya terbata-bata ketika sedang berbicara atau panik ketika sedang berhadapan dengan orang lain. Maka lakukan lah dengan mengatur pernafasan dengan baik. Lakukanlah dengan perlahan dan rileks sampai benar-benar tenang. Jika tidak bisa melakukan sendiri, minta bantuan dari teman untuk membantu menenangkan diri.


2. Fokus

Pikirkan mengenai apa yang menjadi maksud dari anda berhadapan dengan orang lain. Hilangkan hal-hal tidak penting yang dapat mengacaukan tujuan utama melakukan kontak dengan orang lain. Jika anda tidak fokus dengan tujuan anda, maka audiens atau orang yang kontak dengan anda tidak mampu menangkap hal yang anda jelaskan. 


3. Gerakan anggota tubuh 

Orang yang gugup atau grogi biasanya mematungkan diri karena paniknya. Anda bisa menggerakan tangan anda agar tubuh tetap santai dan anda bisa menyalurkan rasa gugup itu melalui gerakan tangan tersebut. Rasa tubuh yang rileks tersebut bisa membuat anda kembali fokus dan menguasai jalannya kegiatan.

4. Berpikir positif

Jika anda memikirkan hal yang positif maka apa yang anda jalani akan berakhir dengan positif juga. Jika anda sedang gugup atau panik maka cobalah untuk memikirkan hal yang positif dalam upaya menangani kegugupan tadi. Fokus terhadap maksud dan tujuan merupakan suatu hal positif harus dilakukan. Jangan berpikiran mengenai kegagalan jika terjadi gugup tersebut. Berpikiran "aku pasti bisa" harus selalu ada ketika gugup melanda.

5. Kontak mata

Biasanya orang yang gugup lebih sering untuk menatap ke bawah atau ke atas langit-langit. Sebenarnya hal ini akan membuat rasa gugup bertambah besar. Coba anda lakukan dengan menatap lawan bicara anda. Ketika mereka mengetahui anda sedang panik, mereka akan mengalihkan pandangan anda. Melakukan kontak mata dengan lawan bicara sebenarnya merupakan cara untuk menyalurkan maksud dan tujuan anda agar tersampaikan dengan jelas. Jika anda merasa malu untuk menatap mata lawan bicara, anda bisa menatap jidatnya. Hal ini menjadi salah satu solusi jika anda tidak bisa atau tidak berani untuk menatap lawan bicara anda. Mereka akan menganggap bahwa anda menatap mata mereka.


6. Perhatikan penampilan

Ketika anda hendak tampil dihadapan orang lain, hendaklah menggunakan penampilan yang menurut anda terbaik. Jika orang lain mampu tampil dari anda maka anda harus bisa tampil dengan baik pula. Selain berpenampilan yang terbaik, anda juga harus nyaman terhadap apa yang anda kenakan. Sehingga anda akan merasa rileks dan rasa gugup bisa diatasi.

7. Persiapan yang matang

Persiapan akan membuat anda mengetahui apa yang harus anda anda sampaikan dan lakukan. Dengan adanya persiapan anda juga bisa mengetahui kelemahan anda, sehingga anda bisa mengatasinya jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan. 

8. Konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih nyatanya bisa menenangkan kondisi anda yang sedang gugup. Sediakan air putih ketika anda sedang mengalami rasa gugup karena air putih mampu menenangkan kondisi jantung yang berdetak lebih cepat dan sebaiknya jangan konsumsi minuman lain disaat kondisi gugup tersebut.

9. Berdoa

Cara terakhir adalah berdoa karena hanya kepada sang Kuasa lah yang memberika pertolongan. Memohonlah kelancaran kepada sang Kuasa ketika sebelum dan sesudah untuk diberikan yang terbaik dan kelancaran.

Referensi dan sumber :

Itulah 9 cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa gugup atau grogi yang anda rasakan baik itu sedang menghadiri acara, bertemu orang yang spesial, maupun hal lain yang menjadikan anda sebagai pusat perhatian orang lain.