Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kurangnya rasa percaya diri pasti dialami oleh semua orang. Rasa kurang percaya diri inilah yang membuat seseorang mudah putus asa dalam kehidupannya. 

Rasa kurang percaya diri banyak dilatar belakangi oleh berbagai hal seperti bentuk fisik yang tidak seperti orang lain, tidak memiliki bakat seperti orang lain, kondisi ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. Rasa percaya diri yang kurang akan menimbulkan berbagai masalah dalam kehidupan. Hal ini akan menimbulkan kurang semangat dalam menjalani hidup, putus asa, dan yang paling mengerikan bisa menimbulkan bunuh diri.

Rasa kurang percaya diri atau menurunnya percaya diri nyatanya bisa kita tingkatkan dengan berbagai cara, hal ini tergantung bagaimana kita mengatasinya. Apabila kita mengatasinya hanya setengah-setengah tidak akan membuat rasa percaya diri naik, lakukanlah dengan kesungguhan dan dengan niat untuk bangkit dari keterpurukan. Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan agar rasa percaya diri meningkat?

1. Bersyukur

Mungkin ini menjadi salah satu penyebab seseorang kurang percaya diri. Ya, bersyukur terkadang di sepelekan oleh sebagian orang. Bersyukur terhadap apa yang dimiliki dan tidak iri terhadap apa yang dimiliki oleh orang lain, dinilai ampuh dalam membangun rasa percaya diri.

2. Kenali bakat pada diri

Salah satu hal yang menyebabkan kurangnya rasa percaya diri adalah tidak memiliki bakat seperti orang lain. Banyak orang yang tidak sadar kalau setiap orang memiliki bakatnya masing-masing dan tentunya itu tidak selalu sama. Maka dari itu kenali bakat yang ada pada diri sendiri dan gali terus potensi bakat yang ada sampai mampu menguasai bakat tersebut sehingga bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri.

3. Hilangkan pikiran negatif

Hilangkan segala sesuatu yang mengarah pada ke putus asaan. Hilangkan kalimat “aku tidak bisa melakukannya” menjadi “aku pasti bisa” dan lakukan ini setiap ada segala sesuatu yang dihadapi. Selain itu ciptakan rasa optimisme dan raut muka yang ceria sehingga menambah kepercayaan dalam diri kita.

4. Ubah penampilan

Cobalah untuk merubah penampilan yang  selama ini dinilai mengganjal dalam menjalani hidup. Ubahlah kebiasaan yang menjadi sumber turunnya percaya diri. Misalnya, ubah cara berpakaian, gaya rambut, lebih menjaga kebersihan, dan sebagainya. Hal ini akan menimbulkan suatu semangat baru dalam menjalani hidup.

5. Stop bandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan capaian orang lain yang dianggap lebih baik dan lebih beruntung dari diri kita nyatanya tidak ada habisnya. Jangan jadikan hal ini sebagai rasa percaya diri menurun, namun jadikan sebagai pelecut semangat dan berpikirlah “ketika dia bisa, saja juga bisa”. Selain itu serahkan pada Tuhan agar apa yang kita minta bisa dikabulkan.

Referensi dan sumber :
Rasa percaya diri yang tinggi nyatanya harus dimiliki oleh setiap orang agar mampu menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan apa yang di cita-citakan dapat tercapai. Namun, rasa percaya diri yang berlebihan nyatanya tidak baik dan hal ini akan menimbulkan masalah jika apa yang diinginkan tidak tercapai meski sudah dengan kepercayaan diri yang tinggi. Jadi, memiliki rasa percaya diri harus seimbang antara kemampuan diri dengan kenyataan.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri"

Berlangganan via Email